Mercedes Benz C180 Coupe CGI M/T 2012 – Mercedes-Benz C-ClassTouring Championship (CCTC)

Setelah sukses dengan One Make Race MercedesBenz Touring Championship musim 2011 lalu, kini PT Mercedes Benz Indonesia (MBI) bikin terobosan baru.

Jika di musim lalu mengandalkan tipe C 200 CGI versi empat pintu, sekarang yang diunggulkan adalah C 180 CGI Coupe alias versi 2 pintu facelift sebagai basis.

“Khusus  balap pakainya yang (transmisi) manual 6-speed,” jelas Dwi Parileksono Purwanggoro, corporate communicationmanager MBI.

Mirip tahun lalu, versi balap ini sudah dimodifikasi pada beberapa sektor. “Mesin dan transmisi harus dalam kondisi standar, tidak diijinkan melakukan perubahan apapun,” tegas pria yang akrab disapa Fedy ini.

Jadi,regulasi yang dipakai mengikuti standar balap C-Coupe Touring Championship dan mengacu pada peraturan balap mobil nasional dari IMI. Mesin standar 4 silinder segaris kapasitas 1.796 cc berteknologi Stratified Charged Gasoline Injection(CGI) yang sudah dilengkapi turbo masih dipercaya.

Dapur pacunya sanggup memuntahkan tenaga maksimum hingga 156 dk di 5.000 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada 4.200 rpm.

 

Hanya saja sistem pembuangan dibenahi mulai down-pipe hingga knalpot yang mengandalkan racikan bengkel lokal. Di kaki-kaki, turut diperkuat seperangkat suspensi baru berlabel KW asal Jerman.

Begitu juga dengan lingkar roda menggamit pelek BBS CH diameter 17 inci yang dibalutban GT Radial SX2 ukuran 215/45-R17.

Cukup di eksterior, giliran kabin yangmendapat sentuhan ‘rasa’ balap. Sebagai prioritas keamanan, roll-cage 6 titikdengan bahan seamless pipe buatan lokal diaplikasi setelah sebelumnya semua kompartemen kabin minus dasbor diterondoli.

Setir,jok bucket dan seatbelt empat titik merek OMP turut disematkan untuk standar balap. Fedy menyebut modifikasi seperti ini akan diseragamkan untuk ke-26 mobil sejenis lainnya yang akan digunakan peserta untuk kepentingan balap saja.Dengan segenap ubahan demikian, dinilai sudah ‘siap tempur’ di seri perdanayang akan berlangsung di bulan Juni nanti. Kita tunggu!

PENASARAN MANUAL

Transmisi manual masih dianggap cocok untuk keperluan balap. Jika di musim lalu MBI hanya menyediakan versi transmisi otomatis, kini versi transmisi manual sudah bisa dinikmati oleh semua peserta.

Karena penasaran dengan transmisi manual bawaannya, di sela-sela sesi pemotretan,OTOMOTIF sempat mencicipi performanya.

Akselerasi mesin sangat terasa mengisi di putaran bawah. Begitu juga perpindahaan gigi transmisi yang cukup halus, sangat mengesankan.

Karena keterbatasan area pengetesan, performa sesungguhnya belum terukur. Rasanya, jika girboks ini juga diaplikasi untuk tipe-tipe performance unggulan Mercedes Benz lainnya, boleh jadi akan banyak peminat. “Tipe C180 Coupetransmisi manual hanya dijual untuk keperluan balap OMR,” tutup Fedy.

Sayang ya..

(mobil.otomotifnet.com)

————————————————————————————————————————————–

Mercedes-Benz C-Class Touring Championship (CCTC)  akan menggunakan Mercedes-Benz C180 Coupe pada musim 2012 menggantikan model C-Class sedan (5-pintu). Rencana ini telah dikemukakan PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) pada seri terakhir musim 2011 yang berlangsung di Sentul, Jawa Barat, Minggu (27/11) kemarin.

Unit C180 Coupe transmisi manual berkelir merah yang menjadi maskot CCTC 2012, bahkan telah diperlihatkan pada balapan Minggu kemarin. Menurut Mercedes-Benz, pergantian model sedan ke Coupe sengaja dilakukan mengingat model ini diakui lebih menawarkan sensasi sport.

“Pemilihan transmisi manual juga merupakan langkah untuk mengakomodir keinginan para pebalap. Menurut mereka, model Coupe memberikan aura balap yang lebih agresif,” terang Yuniadi H Hartono, Deputy Director Communication MBI.

Seperti diketahui, CCTC 2011 telah menggunakan C-Class versi sedan dengan transmisi otomatis. One-make-race (OMR) yang diikuti puluhan pebalap nasional ini terbilang sukses sebagai balapan mobil premium pertama di Indonesia. Setidaknya, di setiap seri, yang hanya dilakukan di sirkuit Sentul, selalu diisi  lebih dari 20 mobil.

Sepanjang tahun ini CCTC telah digelar sebanyak 5 seri. Keluar sebagai Juara Umum Fitra Eri sekaligus berhak atas hadiah utama sebuah micro car smart fortwo.

“Tahun depan kami optimis akan lebih kompetitif. Antusias peserta CCTC bahkan masih tetap banyak. Sampai hari ini kami sudah menerima 40 pendaftar dan mungkin akan masih terus bertambah,” bangga Yuniadi. “Tahun depan akan ada lima seri juga,” lanjutnya.
Sumber : http://www.dapurpacu.com/mercedes-benz-c-180-coupe-untuk-cctc-2012/

admin

IX-07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *